Let’s talk about SBM MBA ITB…

Note : utk teman-teman yang sering menanyakan hal selain yg saya tulis di tulisan ini, harap menanyakan hal tersebut ke pihak ITB langsung. Karena saya juga tidak tau jurusan lain selain sbm itb yang ada di jakarta. Thank you so much for ur understanding!

Hello, ndulicious.

Bertemu lagi dengan gw, ndul di blog ndulicious. Hahaha. Well, well, today i wanna talk about ITB S2. Iya, gw sekarang mau nerusin s2 nih ndulicious. Di karenakan gw tidak terlalu mujur dalam pekerjaan, so i decided buat nerusin kuliah lagi deh, daripada waktu gw terbuang percuma .Kenapa gw memilih ITB? Sebenarnya sih gw pengennya UI guys! U know lah, pengen make yellow jacket… hihihi (soalnya semua universitas yang bernama suatu negara, its look cool!! Hahaha). Tapi setelah melakukan segala macam research, akhirnya nemu ITB s2 khusus paling bagus di SBM nya (school business management), so i took it, yup, MBA.

MBA di SBM ITB s2 ada banyak sebenernya, tapi yang gw inget Cuma 2 ndulicious, hihihi. Kelas Blemba (bisa diambil bagi yang sudah punya pengalaman bekerja lebih dari 3 tahun, jadwal : jumat sabtu minggu), biaya kuliahnya +- 86an jt, dan entree (bisa diambil bagi yang fresh grad ataupun yang sudah bekerja kurang dari 3 tahun, jadwal : senin selasa rabu kamis), biaya kuliahnya +- 76an jt, lama kuliah semuanya kira-kira 1 ½ tahun, kalo cepet, amiin! Nah bisa keliatan kan bedanya, kalau blemba khusus buat yg udah bos2 tuh, yaah yg menurut gw buat punya2 degree aja, tapi linknya luar biasa kalo bisa masuk blemba. Tapi kalo yg entree itu, sesuatu! Karena, disitu gw bakal digeber buat jadi pebisnis, bukan karyawan bisnis. So, kalo diantara lo semua masih bingung, gw kasih tau aja, kalo ambil MBA di ITB itu bener2 buat lo yang mau bisnis. Bakal diajarin planning, marketing, risk, finance etc, dan yg paling penting semuanya bakal full english, jadi sekalian ngelancarin deh, juga bagi orang spt gw yg pemalu sangat, disitu nanti 90% adalah presentasi (namanya juga s2, pasti lebih tinggi dan lebih sulit dari s1 kan utk sehari2nya) jadi akan sangat membantu bagi kalian yg pemalu, dan isinya esklusif banget Cuma 30 orang perkelas. Nah ilmu itu yang pengen banget gw ambil ndulicious. Hmm, sebenernya sih gw pengen banget punya usaha makanan sendiri, jadi sebelum gw bertindak lebih jauh, ada baiknya gw nimba ilmu dulu kan?

So, gw mulai dari pendaftaran, pendaftaran nya sekitar 800rb, itu udah include semua (tes TPA, karena MBA jadi TPA nya GMAT, tes ILPT semacam TOEFL, dan Tes wawancara). Setelah itu semua dibayar, bisa langsung nyerahin berkas (transkrip, ijazah, KTP, blablabla) ke sekretariat. Dan tinggal tunggu tanggal tes, gw waktu itu tes dari april ampe mei nih baru kelar yah +- 1 bulan deh ya (tesnya tiap hari sabtu kok, jadi buat yg kerja, no problemo).

– Tes I : Tes GMAT

Kalo tentang GMAT sih, saran gw langsung cus search di google atau katanya bisa download di 4shared atau semacamnya, basically sih GMAT itu matematika dasar yang dinggrisin, iya, serius, misalnya nih, ada sebuah segitiga, kedua sudutnya besarnya 60o, segitiga apakah itu? A. Siku-siku B. Tegak lurus C. Sama kaki. Nah itu diinggrisin, kira2 kayak gitu deh, dan minimal scorenya 400.

-Tes II : Tes ILPT

Ini sih, semacem TOEFL gitu, tp listeningnya 50 soal, structurenya gk sesusah TOEFL, readingnya juga mudah sih mnrt gw. Sering2 nonton film barat aja, tapi textless yah, hihihi.

-Tes III : Bagi yang GMATnya kurang dari 400 (range 360-390), FGD (Forum Group Discussion), wawancara ber 5 + 2 dosen. Tapi bagi yang GMATnya 400 lebih, Cuma wawancara aja sama 1 orang kandidat lain + 1 dosen.

Karena gw GMATnya kurang 10 poin, so gw FGD! God dam* it, gw benci banget FGD, karena pasti ada aja 1 orang yang douche bag, yaitu orang2 yang mau paling menonjol diantara yg lain. Dan Yup, pas gw kemaren ada, dan dia lulusan UNPAD, Ilmu ekonomi. Kalah dong gw, secara gw belajar bisnis menejemen aja Cuma semester 2, itu juga dapet C. Oh GOD!

Well, so, jadi, lewatlah masa2 itu, tinggal masa deg2an pengumuman, 1 minggu setelah FGD. Dan hasilnya, gw : LULUS! Yeeey! Kerja keras selama ini terbayar. Gw sih Cuma berdoa aja semoga nanti kuliahnya seperti bayangan gw, dan yg paling penting sih berguna buat kehidupan gw! Amiiin.

Setelah pengumuman, peserta yg lulus diharapkan membayar utk entre 4juta, blemba 5juta. Uang serius mau kuliah gitu deh. Dan bokap gw, karena udah senengnya gw masuk itb, langsung hari itu juga di transfer. Hmm, papi, tengkyu yah pap! Nah, kira-kira begitu deh ndulicious tentang pengelaman ujian gw di ITB SBM S2 MBA, buset panjang banget yah. Kalau ada pertanyaan boleh langsung komen aja ndulicious. Gw akan berusaha menjawab :).

C u later Guys!

95 thoughts on “Let’s talk about SBM MBA ITB…

  1. Bingung nih bedanya MBA ITB- Entree sama MBA-CCE itu apaa yah? Bukannya sama2 pengen jd wirausaha.

    Kalau Anda ngambil yg mana?

    • Kalau dari yg gw baca di webnya SBM sih, sepertinya kalau yg CCE khusus wirausaha yg minat ke bidang seni dan desain (budaya dll), kalau yg Entree, wirausaha juga, tapi lebih universal sepertinya. Dan itu di Bandung, kalau gw kan di Jakarta ya, jadi cuma ada MBA Entre, MBA Bashar, MBA Blemba dan MBA Glemba. Kalau gw ambil yg Entree, karena gw masih itungannya Fresh graduate (pengalaman kerja kurang dari 3 tahun), tapi kalau anda sudah berpengalaman lebih dari 3 tahun saran saya ambil Blemba aja, lebih oke sih dari yang saya amati. 🙂 Semoga membantu yaa..

      Terima Kasih sudah mampir!!

      • Oh gituu.
        Jadi kemungkinan di ITB Bandung karena memang ada kerjasama dgn FSRD yah makanya bisa dibuat program MBA-CCE.

        – Terus nanti di sertifikat ijazahnya yg tertulis MBA aja atau MBA Entree ?
        Karena kadang gue juga kepikiran kalau wirausahanya kurang berhasil seenggaknya masih bisa apply kerja di perusahaan gitu.

        – Btw ada anak s1 sosial yang ikut MBA itb ga sih? Gue dr psikologi soalnya. Di persyaratannya kann katanya harus s1 yang relevan.

        Terima kasih banget yah udah bikin posting ginian di blog lo. Kayaknya anak itb jarang yg ngeblog info ini.

      • Iya, yg Cce adanya di bandung. Gw baru tau jg sih, seru juga kayaknya yg itu. Tp berhubung gw di jakarta juga jadi yaudah, entree deh hehe. Fyi, anak temennya bokap ada yg kerja di BUMN juga kok, lulusan entree MBA ITB katanya.
        Wah, bisa banget, ada yang fresh grad dari jurusan biologi kok. Gw pun dari IT bisa aja. Coba apply aja 🙂 yg penting lulus ujiannya..
        Barusan gw tanya ke Administrasinya, katanya Ijazahnya nanti dapet 2, MBA dan MAB. Kalau cce tuh utk yg sudah punya bisnis yg sudah berjalan, kalau entree utk yang masih basic, diajarin dari awal utk berbisnis.
        Semoga membantu yaa..

        Terima kasih sudah mampir!!

  2. Dosennya bule ya Mbak? Maaf banyak nanya, soalnya sy emang lg searching info ttg mba itb yg di Jakarta, kebetulan nemu blog ini, heu walaupun sy orang Bandung, tapi kayaknya program MBA ITB Jakarta lebih variatif,,

  3. Hmm selama gw kuliah belum pernah dpt dosen bule :(. Iya kalau dijakarta lebih variatif juga temennya. Coba aja datang dan tanya2 dulu ke representatif nya, tanya2 suasana kuliahnya, materi, pengajarannya, dll. Kalau open house sih yang asik, bisa liat kuliahnya langsung. Oh gpp kok, tanya2 aja. Emang rencana mau ambil entree atau blemba or glemba? 🙂 Semoga membantu ya..

    Terima kasih sudah mampir!!

  4. Oh, ya tergantung tujuannya sih. Kalau pure niat bisnis ambil entree, biar lebih fokus. Hmm, biasanya sebelum ada tes seleksi pasti ada open house 🙂 semoga membantu ya..

    Terima kasih sudah mampir!!

  5. Kuliahnya senin-rabu sebenernya, kamis kadang2 doang. Tergantung jadwal dari ITB nya. 1 sesi 45 menit, 1 hari paling banyak 3 sesi. 🙂 semoga membantu ya..

    Terima kasih sudah mampir!!

  6. Tiap semester panjang +- 12 sks (4 modul) utk entree. Terdiri dari 3 semester panjang dan 1 semester pendek. hehehe. Gak juga sih, tugasnya lumayan banyak kalau entree. Kalau blemba, kuliahnya 2 minggu 1x ( sabtu minggu), dan sistemnya selesai 1 modul baru mulai modul baru. semoga membantu ya..

    Terima kasih sudah mampir!!

  7. Maaf mau tanya lg, jd blemba itu khusus untuk professional ya? Takut salah pilih soalnya,, oh iya entree itu kuliahnya siang kan? Maaf ya banyak nanya,, makasih sebelumnya 🙂

  8. Ini mnrt gw lho ya, klo blemba tuh buat punya2 degree aja, cara pikirnya mereka jg uda lebih bisa menguasai case business yg dikasih (pengalaman pernah 1 kelompok bareng anak2 blemba pas inisiasi, hehe) daripada anak entree yg emg masih basic dan minim ilmu bisnisnya (makanya lebih ditujukan ke yg fresh grad or yg pengalaman dibwh 3 tahun) tapi kalau memang tujuannya gaga mau buka bisnis/memang sdh punya bisnis, ambil entree pas banget. Tapi kalau tetep mau kerja, mending ambil blemba aja, kan bisa sambil kerja jg. Tapi utk lebih jelasnya bisa langsung dateng aja ke kampusnya, konsultasi, enaknya ambil apa. Karena berbeda banget kelasnya yg pasti. Lebih intens yg entree. Kalau entree kuliahnya pagi sih kadang jam 8 sampai 1, atau jam 9 sampai 2, kalau dosennya ada urusan bisa mundur lagi jamnya. 🙂 semoga membantu ya..

    Terima kasih sudah mampir!!

    • Iya nih mbak, sbenernya saya juga kerjanya bukan di perusahaan, tapi saya ngurus NGO, dan ikut mroyek2 di NGO,, jadi disebut ‘professional’ juga bukan kayaknya ya, ya pegawai proyeklah,, heu,, cuma memang sy minat bisnis dri kuliah dulu,, emang pengen diseriusin bisnis dan bkin usaha sendiri,, soalnya kayaknya blemba itu khusus untuk yg udh jd ‘professional’ di sebuah perusahaan ya,, kayaknya mungkin klo di perusahaan lebih banyak case business yg bs diambil untuk pembelajaran di executive MBA dripada gawe di NGO,,, menurut mbak gmn ya? Maaf jd curcol, minta pendapatnya aja dri yg udh pernah ngerasain kuliah di sana,,, 🙂

  9. NGO itu apa ya? Non-governmental organizations? Klo projek-an jam kerjanya flexible kan ya? berarti masih bisa sambil kerja juga kalo mau. Tapi tmn gw sih rada klenger kuliah sambil kerja ambil entree. Oh, yaudah ambil entree aja, biar lebih jelas dan fokus juga belajar bisnisnya. Hmm, tergantung sih, coba aja baca2 business casenya harvard, kalo gaga bisa dengan mudah paham, ya berarti ambil blemba gak ada masalah. Gw pas sekelompok sama anak blemba, mereka cepet banget paham sama casenya. -_- . 🙂 semoga membantu ya..

    Terima kasih sudah mampir!!

  10. iya betul Non-government organization,, oh iya mbak mau tanya lagi, MBA Entree temen2nya gimana ya? masih muda2 ya? rata2 freshgraduate? trus ada yg tua gak? heu thanks

  11. oh iya MBA Entree itu emang dikhususkan untuk jadi pengusaha ya? Klo Blemba berarti hanya untuk naek jabatan sebagai profesional ya? apa gimana si sebenernya? atau emang fleksibel2 aja? heu maaf ya Mbak banyak nanya biar gak salah pilih soalnya,, hihi,, makasih sebelumnya 😉

  12. Ada juga kok yg udah ibu2 bapak2, tp ya didominasi fresh grad :).
    Entree flexibel juga, bisa jadi karyawan or pengusaha, tapi lebih oke kalo buat yg emang mau jadi entrepreneur.
    Kalo blemba gw kurang tau mba, dr sepengamatan gw seperti buat punya2 degree aja.

    Kalo masih bingung, sebelum terlanjur masuk coba cari info dulu aja langsung Mba. MM UI juga bagus kok, mirip2 MBA gitu. Gak full english lagi, lebih mudah ngertiin casenya.

    Kira2 case2nya kayak gini :
    http://www.4shared.com/document/lrv6uhfX/Barilla_case_harvard.htm

  13. Halo kak, saya fresh grad dan berminat mendaftar entree. Mau tanya dong, misal worst case nya, bisnis yg dibuat nggak begitu berhasil, menurut kakak (atau senior-senior kakak) orang-orang fresh grad dan langsung S2 gimana prospek karirnya nanti kalo masuk ke dunia industri? Soalnya selama ini kan banyak orang yang berpendapat kalo langsung S2 sebelum bekerja malah akan lebih susah masuknya dibanding S1.
    Mohon pencerahannya ya kak, hehe thanks!

  14. Hallo adis, kalau menurut gw, emang enaknya kerja dulu aja 1-2 tahun. Karena pasti mempengaruhi cara fikir juga, dan buat mengisi CV nantinya, hehehe. Dikelas gw 3 dari 30, fresh grad (baru lulus s1), lainnya sempat bekerja 1-2 tahun sebelumnya (terhitungnya di ITB yg baru kerja 1-2 tahun juga fresh grad). Tapi kalau sudah sempat bekerja hati2 dengan rasa malas yg nanti akan muncul karena sudah punya penghasilan sendiri. Kalau baru lulus kan pasti masih rajin2nya (pengalaman pribadi, hehe).
    Kalau ttg karir di dunia industri, memang dilihat pengalaman juga, tapi toh tidak menutup kemungkinan ada perusahaan yg mengincar langsung s2 juga kok. Siapa tau kerja bentar, langsung jadi manager. Tergantung keberuntungan juga.
    🙂 semoga membantu ya..

    Terima kasih sudah mampir!!

  15. Iya AAT setau gw adalah TPA (soalnya gw tes masuknya waktu itu cuma tpa dan tes toefl). Tapi kalau ambil MBA di ITB tesnya kan TPA bahasa inggris alias disebutnya GMAT (Graduate Management Admission Test), silahkan googling banyak kok soal2nya di internet. Semoga membantu 🙂

    Terima kasih sudah mampir!!

  16. Mbak’e ane kan udah lolos ujiannya tinggal tes wawancara nih bersama 1 kandidat lain. Itu masih ada kesempatan kita bisa gagal jdi msiswa s2 itb ya? -_-
    Kalau wawancaranya ga memuaskan trus ngulang gitu? Tunggu gelombang berikutnya?
    Aseli gw takut tereliminasi sama lawan gw.

    • Wah selamat!!
      sayangnya iya, kalo gw dulu ada 3 keputusan yg mungkin diterima semua peserta which is: lulus, post pone (ditunda 1 semester kayaknya dan gak tau nantinya dites ulang atau tdk), dan gagal. Ya berdoa dan berusaha aja mudah2an lulus. Yg penting pas fgd harus aktif dan punya pendapat yg berbeda sama yg lain. jangan mudah setuju.
      Sukses selalu. Semoga membantu 🙂

      Terima kasih sudah mampir!!

  17. Mbak, aku juga s1 nya IT nih, terus pengen ngambil S2 ITB, tp yg young proffesional di bdg hehe. Mau nanya, mbak waktu FGD ada tips2 khusus ngga? Secara aku juga ngga belajar byk tentang teori bisnis.

    Terimakasih 🙂

    • Hi Fiqa, hmm bukan tips khusus sih ini kayaknya tapi sekedar mengingatkan saja, yang pasti harus aktif, tapi tidak berlebihan dan punya pendapat yg berbeda sama yg lain, jangan mudah setuju. Soalnya biasanya kan ada yg suka sama spotlight, tidak memberi kesempatan sm yg lain dan kebanyakan anak lain setuju sama jawaban dia (nah hati2 sama orang ini), so kalau punya pendapat beda pasti dinilai beda dong sama dosennya (yg penting masih nyerempet ke case pendapat kita tsb) hehehe. Casenya gak yg tentang bisnis murni kok, masih enteng kira2 dibanding pelajarannya. Semoga lulus ya!

      Sukses selalu. Semoga membantu 🙂
      Terima kasih sudah mampir!!

  18. Halo kak… Thanks sebelumnya udh berbagi info ini, berguna bgt buat gw.. Mau tanya nih kak, gw nggak terlalu pinter bahasa inggris, nanti pas fgd tuu pake bahasa inggris ga? Dan apa ada kemungkinan kalo semisalnya diterima nanti gw bakal kesusahan karena basa inggris gw pas2an.. Thnks ☺

    • Hi Inggrid, iya pake bahasa inggris. Tapi gw juga gak yg expert bgt kok inggrisnya. Yang penting ngerti dan bisa nimpalin aja kalo pas fgd nanti. Hmm, kalau soal bahasa inggris dikelas, pengalaman pribadi, gue pun pas2an inggrisnya, gw siasatin selalu pakai google translate & aplikasi kamus itu loh, atau kalo kepepet banget ya tanya temen ( dan beberapa dari mereka emg lebih oke inggrisnya). Pokoknya pinter2 menyiasati aja..hehehe semangat yaa buat fgdnya. Semoga lulus!

      Sukses selalu. Semoga membantu 🙂
      Terima kasih sudah mampir!!

  19. Halo kak, mau tanya..

    Posisi ane skrg sedang kerja, sekitar 2-3 tahun, mw menuju 3 thn. Goal ke depan pgn jd wirausaha krn jujur ane ga tahan lama dgn rutinitas n kerja kantoran, pgn bs mandiri.

    Setelah ane baca2 dan cari info, ane minat ke ENTREE ITB yang di jakarta dan Young Prof MBA ITB yang di bandung.. tapi ane msh bingung mw milih yg mana,

    Bisa tolong bantu kasih pandangan atau advice buat ane kaka ?
    Kira2 prospek buat ke depanya yg paling bagus buat menunjang dan mendidik ane mulai bs berwirausaha itu mending yg ENTREE atau YP MBA ?

    Terimakasih banyak sebelumnya 🙂

    • Hi Derry, coba bantu ya, menurut gw dua2nya sama ngajarin bisnis dari nol (makanya diperuntukkan lebih ke fresh grad). Tapi bedanya, goalnya, kelas entree buat yg mau jadi entrepreneur (non kantoran), dan kelas YP buat yg mau jadi manager junior (still kantoran). Kalau gw lihat sih, dari pernyataan lo, sepertinya lebih cocok ke entree, apalagi kalau lo udah muak ngantor dan udah punya rencana buat bisnis sendiri dari sekarang (nanti pas daftar ditanya juga rencana bisnisnya). hehehe. Bukan berarti ambil entree gak bisa ngantor juga sih, tapi tujuan ITBnya emang utk memproduksi entrepreneur muda. Kalau masih bingung, langsung konsultasi aja ke ITB terdekat utk lebih jelasnya.

      Sukses selalu. Semoga membantu 🙂
      Terima kasih sudah mampir!!

  20. Baca ulasan disini makin yakin untuk ga ambil MBA di Indonesia. Gmat kurang dari 400 dan FGD lemah bisa lulus di MBA terbaik Indonesia.

    Dibandingkan di LN, GMAT 650-750, dan punya softskill, terutama komunikasi.

    • Iya mas, mending diluar negri aja udah pasti jauh lebih bagus. Mungkin ada pertimbangan lain mas dari ITB nerima yang gmat nya segitu. Hehehe

      Terima kasih sudah mampir 🙂

    • Setau gw gak ada syarat ipk mas. Yang penting lulus semua ujian dan fgdnya. Silahkan dicoba aja, atau tanya2 dulu ke representatifnya ITB.

      Semoga membantu
      Terima kasih sudah mampir 🙂

  21. Haii mba
    Terimakasih banyak atas infonya yg sangat membantu saya mba
    Saya dewi sekarang masih kuliah semester 3 di tell-u bandung
    Saya tertarik buat masuk sbm itb
    Mba saya boleh tau ga bedanya SBM sama MBA itu apa yaa mba??
    Terus kalo misalnya udah lulus s1 mau langsung ambil s2 menurut mba gimana sih mba??
    Apa baiknya saya punya pengalaman kerja dulu?
    Soalnya kalo saya punya pengalaman kerja dulu bentrok banget sama plan saya tiap tahunnya mba
    Mohon sarannya yaa mba baiknya bagaimana
    Terimakasih mba semoga mba selalu dimudahkan dlam segala urusan mba dan sukses selalu dalam mencapai keinginan mba

    • Hai Dewi,
      SBM itu school of business management alias tempat km kuliah, MBA itu Master of Business Administration alias titel km setelah lulus, kayak S.kom, S.Sos, nah kalo S2 ini MBA. Karena ITB dapet titelnya indonesia dan inggris, jadi nanti km dapet MAB dan MBA.
      Ya gpp, tmn aku ada yang langsung ambil s2, murid termuda di angkatan aku. hehehe. Mungkin mnrt aku, kalo km kerja dulu dan tidak akan malas utk nerusin kuliah lagi, silahkan. Tapi kalo cari aman ya mending langsung aja, biar tidak ada jeda dan sesuai planning km kan? hehe

      Semoga membantu
      Terima kasih sudah mampir 🙂

  22. Hai 🙂 Salam kenal mba.. Thanks ya udah share. Btw, aku kan ada daftar huga ITB tgl 27 sept kemarin. Trus dapat undangan FGD juga pdhal hasil tesnya udh lewat dari minimalnya 😦 FGDnya bahas apa ya? trs apa yg perlu di siapin? Thanks mba! 😀

    • Hai Jezz,
      Congrats ya, iya kalau sudah cukup nilainya, FGD nya dengan 1 dosen ITB dan 1 kandidat lain (setau gw). Which is lebih mudah daripada yang nilainya belum mencukupi (ber 5). FGD pas jaman gw, dikasih bacaan 2 halaman yaitu tentang kriteria beberapa orang yang harus dijadikan 1 tim dalam membuat suatu proyek. Jadi kita harus analisis bagaimana supaya tim nya dapat bekerja sama dgn baik, orang2 seperti apa yang harus bergabung. Mudah kan? hehehe
      Sering2 ngobrol pakai bahasa inggris, soalnya biar ga grogi. Dan yang penting aktif aja.

      Semoga membantu dan semoga sukses ya FGDnya.
      Terima kasih sudah mampir 🙂

  23. allo mbak, salam kenal 🙂 Thanks udh sharing infonya. Kebetulan tertarik sama program MBA ITB yg di Jakarta nih… oh ya, kalo boleh mau nanya, utk biaya perkuliahan itu sistem pembayarannya gmn mbak? Per smester, bisa nyicil, atau harus sekaligus?

    Makasih sebelumnya 🙂

    • Hi Wulan, seingat gw dibagi menjadi 3 tahap pembayaran kok, gak harus sekaligus.
      Untuk lebih jelas dan update nya langsung ke representatifnya ITB aja ya. hehehe

      Semoga membantu
      Terima kasih sudah mampir 🙂

  24. halo mbak, salam kenal. bener2 sharing yang ngebantu banget karena saya baru mau mendaftar di ENTREE SBM hehe lalu untuk kelasnya itu dimulai dari pagi – siang atau sebaliknya yah? anw backsong blognya apa yah mba? :p nice song

    • Salam juga!
      Kelasnya dari jam 8 sampai jam 2. Kalau dosennya gak bisa pagi, bisa mundur sesuka hatinya dia. hohohoho
      Sukses ya buat daftarnya. Btw, itu lagunya the middle east – blood (ostnya film crazy, stupid, love).

      Semoga membantu
      Terima kasih sudah mampir 🙂

    • Gw tes langsung di ITB. Kebanyakan suruh tes langsung, karena cuma sedikit yang bener-bener dianggap resmi dari ITBnya (dan gw kurang tau lembaga mana aja).

      semoga membantu
      Terima kasih sudah mampir!:)

    • Profesi itu setelah lulus s1 kan. Gw rasa ga masalah mau ambil s2, tapi sayang aja sih kedokterannya, mending spesialis. haha

      semoga membantu
      terima kasih sudah mampir! 🙂

  25. salam kenal,

    Saya tertarik lanjut S2 di SBM ITB. Sekarang ud punya usaha kecil-kecilan. Harapannya biar bisa punya basic ilmu manajemen, pengalaman, networking biar bisa develop bisnis lebih gede lagi.
    Tadi browsing di webnya SBM ITB ada 3 program: YP MBA, MBACCE, EMBA untuk kampus bandung, klo kampus jakarta ada 4 program: ENTREE, BLEMBA, GLEMBA, MM-MBA. Kira-kira saya cocok yg mana ya? Pengennya sih kuliahnya di Bandung, ademm..hehe..

    Fiqy

    • Salam juga, langsung aja ya, kalau utk itb bandung gw kurang tau ttg jurusannya, monggo langsung ke representatifnya sj. Kalau di jakarta sih gw saranin ambil entree, karena lebih ngelupas banget ilmu-ilmu bisnis yang diajarin, lebih mendalam semuanya, dan mulai bener-bener dari basic.
      Tapi kalau lo merasa sudah berpengalaman dalam bisnis, monggo ambil yang blemba, karena networkingnya “gila” banget disitu. hehehe

      semoga membantu
      terima kasih sudah mampir! 🙂

  26. boleh minta email ato contact personnya ga?
    mau nanya2 nih..
    sebelum daftar harus uda ikut TPA , tes TOELF dll ya?
    soalnya pas registrasi online kok harus ngisi kolom nilai itu ya?

    BR’s

    • Hmm seinget gw, dulu itu gw TPA dan Toeflnya di ITB, karena itb gak mau sembarangan nerima nilai toefl dari lembaga ecek2.
      Silahkan tanya2 disini aja ya, gw aktif kok kalo tanya jawab dsni.
      Kalau mau tanya2 soal administrasi dkk, bisa ke representatif ITBnya aja langsung.

      semoga membantu
      terima kasih sudah mampir! 🙂

  27. Halo Mba..
    Salam kenal.. Blognya sangat membantu..
    Saya berencana untuk mengambil MBA di SBM ITB, tapi masih bingung mau ambil MBA Entree atau MBA CCE..
    Tapi saya masih bingung mau ambil yang mana hhe.. Saya nantinya sebenarnya mau membuat usaha di bidang industri kreatif gtu.. Saat ini saya sedang bekerja di Jakarta hampir 1 tahun sambil nyambi buka beberapa online shop.
    Sebenarnya deskripsi MBA CCE dan kurikulumnya di web SBM sangat membuat saya tertarik..
    tapi kalo dilihat dari persyaratanya, Kenapa MBA CCE yang paling kecil ya persyaratannya..
    Seperti GMAT hanya butuh 300
    Apakah kualitas MBA CCE itu sama denga MBA Entree?
    Lalu bagaimana dengan kualitas Networkingnya? Perbandingan natara MBA CCE dengan MBA Entre?

    Terima Kasih

    • Terima kasih sudah berkunjung, gw sih kurang tau ttg CCE, dan gw juga baru tau syarat GMAT hanya 300. Tapi dari yang sudah pernah gw jawab sebelumnya dikomen-komen diatas, mungkin karena jika ambil entree lebih universal, dan tdk seperti CCE yang berpusat lebih ke usaha kreatif saja, karena itu syarat gmatnya pun tidak sama dengan entree. Intinya semua jurusan bagus, tapi utk lo sendiri lebih minat kemana, kalau emang udah fokus di industri kreatif ambil aja CCE, lagian lebih sejuk, soalnya bisa kuliah di bandung. hihihi
      ps: nah bisa juga konsultasi ke itb nya langsung, supaya lebih jelas pencerahannya, representatifnya informatif banget kok.

      semoga membantu
      terima kasih sudah mampir! 🙂

    • Hmm, coba tanya langsung ke representatifnya ITB untuk info lebih lanjut. Kayaknya gak lama dari lulus ujian, tergantung kualitas pelamar, jika harus postpone akan dipostpone sampai tahun depan. Jika tidak, bisa langsung kuliah.

      semoga membantu
      terima kasih sudah mampir! 🙂

  28. Hi mba, mau tanya.. Skrg title ku ST. Dan ada pikiran mau ambil mba, sudah kerja 1 thn, menurut pgalaman mba gmna? Apakah bnyk mba yg dr st?
    Terimakasih.

    • Hallo, itu open untuk semua major kok setau sy. Even dari major biologi aja ada. Dicoba aja kalau memang minat menjadi entrepreneur/pebisnis.

      semoga membantu
      terima kasih sudah mampir! 🙂

  29. wah ini yang ditunggu2 , dari yg berpengalaman dengan bahasa yg gw ngerti hehe
    makasih bgt udah posting seminggu ini ane nyari2 info soal MBA ITB susah juga.
    akhirnya nemu ini, ane mau tanya ane skrng kuliahnya di POLTEK D4, bisa kan ya lanjut ke MBA ITB ?
    terus ntar juga gelar yg di dapet MBA kan ? kyk yg kuliah di luar negeri ?
    ane juga tadinya udah agax gonjang ganjing kuliah d4 , kyk ekonomi indonesia skrng hehe… gw jrang masuk nich kuliah mulai smester 6 , krena gw sibuk ngembangin usaha gw yg alhamdulillah mulai maju yg dirintis sejak masih smp… tapi kmren gw ikutan seminar HIGY WAY TO SUCCESS DI Jakarta dimana pembicaranya IPPHO SANTOSA, ANDRIE WONGSO, TUNG DESEM WARINGIN, N JAMES GWEE. yg menarik JAMES GWEE itu ada gelarnya MBA gw penasaran apa itu MBA, setelah searching ternyata cocok bgt bwt gwe, jdi tertarik deh. soalnya skrng yg gw bingung soalnya manajemen usaha gw meskipun masih kecil2lan , tapi yg namanya manajemen kan harus bner , mkannya tertarik masuk MBA ITB. tapi full english ya , makannya abis lebaran ini gw persiapan buat mesantren ke kampung inggris pare jatim ,,, biar ampe lancar bgt bahasa inggris nya … toloong di jawab ya makasih sebelumnya 🙂

    • Wah, terima kasih sebelumnya, hmm setau sy harus S1 untuk lanjut ke MBA alias S2, Ris. Betul, yang didapat 2 gelar MBA dan MAB.
      Dilanjut aja dulu ke S1 dan iya, bagus tuh les bahasa inggris di pare katanya terkenal, hehehe
      Cocok banget buat yang udah tertarik/terjun langsung ke dunia perbisnis-an MBA ini.

      semoga membantu
      terima kasih sudah mampir! 🙂

  30. Hi Kak salam kenal ya 🙂
    Blognya sangat membantu.

    Mau nanya nih. Sayakan baru Lulus S1 kemarin nih di Bulan Agustus 2014 Jurusan Administrasi Bisnis. dan saya kepengen lanjut ambil MBA Entre. bisa nggak langsung masuk tanpa pengalaman kerja?
    Kalau bisa, gimana persaingan dalam kelas antara yg suda berpengalaman dengan yg blum brpengalaman? Takutnya ketika masuk nanti dibeda-bedakan cara belajarnya.

    Trimakasih sebelumnya Kak.

    • Salam juga,
      Bisa, silahkan memilih kelas entree.
      Gak dibeda2kan kok, banyak yang fresh grad jg, tapi yang pasti bisa keliatan mana yang udah pernah benar2 pernah berbisnis, sama yang baru mau terjun. Tapi tenang, kan km bisa berbaur dan banyak2 nimba ilmu dari yang udah pernah nyicip berbisnis(yang sudah pengalaman). Lagian gak beda jauh banget kok kalau di kelas entree, kalau km masuk dikelas blemba itu baru sy sarankan jangan, karena uda kelas berat. hehehe

      semoga membantu
      terima kasih sudah mampir! 🙂

  31. Aku msh kuliah d4 statistika di slh satu perguruan tinggi kedinasan di Jakarta. Pengen bisa lanjut s2 di MBA itb kira2 bs gak ya mengingat adanya ikatan dinas. Trus kalo bisa, syaratnya apa aja ya? Atau mesti ikut pra s2 dulu?

    • Yang pasti untuk ambil s2, harus s1 dulu ya mba. Saya kurang tau kalau ada ikatan dinas. Setau saya tidak masalah, asal tidak menggangu kegiatan perkuliahan. Syaratnya silahkan langsung tanya ke ITBnya ya.

      thank you
      terima kasih sudah mampir

  32. Halo kak,

    Saya berencana untuk kuliah di SBM ITB buat Young Prof. Program.
    Pengen tanya, untuk dapat Letter of Acceptance dari ITB caranya gimana ya?
    Soalnya saya berencana untuk ikut SBM ITB melalui LPDP.
    Mohon sarannnya kak

    Terima kasih

  33. Malam, mbak. Aku lagi nyari-nyari tentang sekolah bisnis ITB. Akhirny ketemu sama blog mbak. Bersyukur banget deh.

    Yang mau aku tanyakan, berarti yang di bandung buat yg ambil kelas blemba semua ya? Dan yang di jakarta cuma buat entree? Gak ada entree yang kuliah di bandung ya mbak? Soalnya aku baru nyari-nyari info aja ttg SBM ITB. Makasih mbak. 🙂

    • Yang dibandung kurang tau mas, kalo yang dijakarta ada kelas entree (utk pengalaman kerja kurang dari 3 tahun), ada juga kelas glemba, dan kelas blemba.

      Semoga membantu, terima kasih sudah mampir.

  34. Hi mba, thanks banget buat blog nya, boleh saya tanya disini yah. Saya mau coba yg di Jkt, to kira2 kelas2 MBA itu sendiri apa-apa aja ya mba dan buat kebutuhan yg bagaimana. Saya sudah bekerja >3 tahun dan sudah manager kira2 kalau saya mau menembangkan ilmu utk memanukan lagi company melalui departemen saya tapi saya juga bisa sukses bisnis sendiri kira2 nimba ilmunya di MBA kelas yg mana ya mba. Mohon pencerahannya… Anyway thanks banget before blog nya sangat menarik dan “humble” mau jawabin semua. Hee

    • Sama-sama Mba, terima kasih sudah mampir.
      Langsung aja ya mba, yang entree sih lebih ke fresh graduate mba, tapi intense memang belajarnya. Karena dari nol banget, tapi kalau setingkat mba yang uda cukup berpengalaman, saya prefer ke kelas blemba aja mba, toh mba masih bisa belajar sekaligus mencari koneksi dengan orang-orang yang setingkat mba. Dan saya sempat ngobrol dgn teman blemba, katanya seminggu cuma 2/3 hari weekend aja masuk kelasnya (untuk yang punya full time job, cocok. Sedangkan entree full 5 hari dari pagi sampai sore kayak sekolah hehehe).
      Dan saya ingat juga ada juga kelas glemba, kayaknya itu yang bbrp tahun kuliahnya di luar negeri. (kalau mau sambil jalan2, bisa juga ambil ini, hehehe)

      Semoga membantu.

      • Oh gitu mba, saya udah registered untuk open house bandung nanti (temen-temen yg mau coba bisa ketemuan juga kita haha). Kemaren saya cek perkiraan S2 MBA 86jt di artikel atas, nah itu buat 4 semester atau 3 semester (1.5tahun). Sbnarnya S2 di ITB 2 atau 1,5 tahun ya mba?

  35. Wah informatif sekali, alhamdulillah sy jd kenyang informasi dr membaca disini. Kebetulan sy ingin masuk mba itb, tp maunya bs sambil bisnis jg (fyi bisnis sy flexible si waktunya), apakah bs ya sekalian kuliah ambil yg entree? Apakah byk tugas nantinya yg menyita waktu? Apa temen2 mbak ada yg nyambi bisnis jg atau full study? Satu lg nih duh english sy pas2an bgt.. modal nekat aja kali ya, haha…

    • Hi, terima kasih sudah mampir.
      Bisa mas, tmn sy full business dan kuliah entree juga. Tugasnya lumayan banyak dan sering berkelompok tugasnya, jadi pasti ada porsi masing2 dalam pengerjaannya.
      Saya juga pas2an mas, yang penting niat dan jangan malu bertanya kalau gak ngerti. hehe

  36. mba mau nanya aku dipanggil interview alhamdulillah result test ilpt dan aat semua lewat. kira kira interview itu yang dijakarta kaya gimana yah? aku ambil MBA General Management

  37. Siang mbak,

    Terimakasih untuk sharingnya di blog ini. Kebetulan saya fresh graduate dan berencana untuk ambil MBA ITB pada intake Januari 2017 (sekarang saya lagi magang dulu untuk cari pengalaman). Saya kemarin ikut open house ITB yang di bandung dan berencana untuk ambil jurusan MBA CCE karena saya juga mulai berbisnis cafe dan jadi supplier kopi dari Aceh. Kebetulan saya sedang cari-cari info untuk ITB yang di Jakarta saja supaya tidak harus pp Jkt-Bdg atau cari kosan di Bdg hehe

    Saya mau tanya mbak,
    1. Kalau saya tertarik untuk masuk entree di Jakarta itu untuk testnya sama dengan yang di bandung atau tidak ya mbak? Karena info yang saya dapatkan itu test pertama sekitar 2 minggu lagi.
    2. Entree yang di Jakarta itu hampir sama dengan MBA CCE di Bdg atau tidak mbak dari kurikulum dan semuanya? Soalnya kan itu sama sama dididik untuk jadi entrepreneur yah?
    3. Apa saya perlu untuk datang ke ITB Jakarta ya mbak buat make sure info pendaftaran dan prosesnya seperti yang di Bdg atau tidak?

    Maaf banyak sekali mbak pertanyaannya karena jujur saya masih bingung ingin mengambil MBA ITB mengenai syarat2nya juga. Terimakasih sebelumnya mbak.

    • Hello,
      Wah mas, kalau soal tes entree dengan CCE beda atau gak sy kurang tau, karena sy gak pernah ikut yang CCE. Kemungkinan sama kali yah.
      Kalo kurikulum garis besarnya aja, kalo entree buat yang pure non pengalaman, kalo yang CCE kyknya lebih menjurus ke yang sudah pernah berbisnis di tahap awal. Mending mas ambil CCE aja.
      Yes, solusi terbaik langsung ke representatifnya saja mas, mereka lebih jago kasih info produk-produknya.

  38. Halo, Mbak.
    Terima kasih ya, blognya informatif 🙂
    Oh iya, program Entrée SBM ITB Jakarta jadwalnya malam tidak ya ? Kalau lihat di student handbook nya jadwalnya siang ya.. Berarti ngga bisa untuk yang sekaligus sambil bekerja ya ?

    • Hi, waktu itu se inget sy cuma dikasih business case contoh : ada 1 pemimpin dan 5 subordinate, masing-masing subordinate punya cara kerja, kelebihan dan kekurangan, mana yang harus diajak kerja sama dan bisa se tim + alesannya kenapa milih mereka semua in english, bergantian sama teman2 lain, semakin bersih keras dan berbeda pendapat sama yang lain makin bagus (ya kayak FGD lainnya).

      Semoga membantu ya.

Leave a comment